June 4, 2009

MENJADI PEMIMPIN POLITIK


Judul: MENJADI PEMIMPIN POLITIK Perbincangan kepemimpinan dan Kekuasaan
Pengarang: M Alfan Alfian
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Sinopsis :

Buku ini membahas dua tema yang sesungguhnya sudah banyak didiskusikan sejak jauh masa lalu, bahkan sejak awwal hadirnya peradaban manusia, namun tetap menarik hingga kini dan dimasa mendatang, yakni kepemimpinan (leadership) dan kekuasaan(power). Dua tema tersebut menyatu kedalam kepemimpinan politik. Di tengah-tengah kelangkaan bacaan tentang kepemimpinan politik, kehadiran buku ini sangat relevan khususnya bagi para politisi maupun kalangan lain yang ingin memperdalam wacana kepemimpinan politik. Dengan bahsa yang santai, buku ini berupaya menjawab banyak pertanyaan seputar kepemimpinan dan kekuasaan. Apa pemimpin itu? Apakah kekuasaan itu? Mengapa kekuasaan diperebutkan? Bagaimana pemimpin politik hadir, mewarnai, dan mengelola dinamika politik? Banyak pertanyaan sejenis yang akan dijawab dalam buku ini.

Komentar :

Buku ini sangat relevan dengan kebutuhan bangsa Indonesia yang tengah mengalami krisis kepemimpinan dewasa ini. Bung Alfan berhasil merajut berbagai pandangan dan pemikiran tentang kepemimpinan politik kedalam bahsa yang lugas dan mudah di cerna serta format penulisan yang sungguh menarik untuk di baca.
--Syamsuddin Haris, Peneliti Senior LIPI,Jakarta

Politik,kekeuasaan, dan kepemimpinan adlah tiga tema utama yang memenuhi buku ini, penulisnya dengan enak meramunya sebagai sebuah pembicaraan akademik yang menawarkan dua sekaligus: sains dan seni memimpin.
--Nurul Arifin, Aktivis Perempuan dan Politisi Partai Golkar.

Buku ini membuka cakrawal kepemimpinan politik yang didasari asumsi utama bahwa politik itu panggilan dan pengabdian, dan itulah sejatinya jiwa seorang pemimpin politik.
--Akbar Tandjung, Politisi Senior

Reading to improve the quality of life