June 3, 2012

The 3rd Alternative


The 3rd Alternative
Penulis The 7 Habits of Highly Effective People—yang disebut-sebut sebagai Buku Bisnis Paling Berpengaruh No. 1 di Abad Ke-20—yang terjual puluhan juta eksemplar menghadirkan The 3rd Alternative, yang memperkenalkan pendekatan baru untuk menyelesaikan konflik dan memecahkan masalah secara kreatif. Dr. Stephen R. Covey, salah satu dari 25 warga Amerika yang paling berpengaruh menurut majalah Time, telah membantu jutaan orang mengubah kehidupan. Di The 3rd Alternative Covey mengubah pandangannya yang luar biasa menjadi cara baru yang ampuh untuk memecahkan kesulitan profesional serta personal dan menciptakan solusi atas masalah-masalah besar dalam organisasi serta masyarakat.
Dalam konflik apa pun, Alternatif Pertama adalah cara saya, dan Alternatif Kedua adalah cara Anda. Perdebatan biasanya berujung pada pertanyaan mengenai cara siapa yang lebih baik. Ada banyak metode “penyelesaian konflik”, tapi sebagian besar melibatkan kompromi—penyelesaian yang mengakhiri perdebatan tanpa memberikan hasil yang luar biasa. The 3rd Alternative lebih dari sekadar gencatan senjata—tapi tentang menciptakan realitas yang baru dan lebih baik. Buku ini mengungkapkan cara pikir baru yang sesuai bagi siapa pun yang mencari solusi dalam kehidupan profesional serta pribadi.
Di dunia dengan ketegangan yang terus meningkat ini, pemikir Alternatif Ke-3 seperti yang diprofilkan oleh Covey di buku ini membawa solusi kreatif, perdamaian, dan penyembuhan. Lewat contoh-contoh dan cerita-cerita penting yang didapatnya sebagai konsultan, Covey menunjukkan kekuatan pemikiran Alternatif Ke-3. Contoh-contohnya sangat bervariasi, termasuk satuan kepolisian kota Kanada yang mengubah masyarakat yang penuh kriminalitas dengan mengabaikan mentalitas ”mereka lawan kita” dan mengubah makna keseluruhan polisi; seorang ayah yang menyelamatkan putrinya yang resah dari kekecewaan selama bertahun-tahun dan hampir mengakhiri hidupnya dengan tindakan bunuh diri pada suatu malam yang mengejutkan; seorang hakim yang membawa penyelesaian yang cepat dan damai atas salah satu tuntutan hukum tentang lingkungan terbesar dalam sejarah Amerika tanpa membawanya ke meja sidang; kepala sekolah SMA anak-anak pekerja migran yang meningkatkan tingkat kelulusan dari 30 persen menjadi 90 persen dan melipattigakan keterampilan dasar mereka; sejumlah orang yang tidak dikenal publik yang diam-diam menemukan cara menciptakan perdamaian di Timur Tengah; dan banyak lagi. Kelompok dan pribadi berbeda-beda ini adalah saksi hidup cara menciptakan hasil yang baru serta lebih baik, bukannya memperbesar konflik, juga cara membangun hubungan kuat dengan orang-orang berbeda atas dasar sikap sama-sama menang.
Judul:
The 3rd Alternative
Penulis:
Stephen R. Covey
Penerbit:
Gramedia Pustaka Utama


Reading to improve the quality of life

No comments:

Post a Comment