January 13, 2009

CROWD Marketing becomes Horizontal

Informasi Buku Baru

Judul : CROWD ‘Marketing becomes Horizontal’
Penulis: Yuswohady, Co-Author Buku Bestseller Marketing in Venus
Pengantar: Hermawan Kartajaya
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Resensi:
CROWD punya argumentasi dasar bahwa ditengah perkembangan web 2.0, secara natural konsumen semakin mengelompok, berinteraksi intens satu sama lain, dan berkomunitas-membentuk “crowd”.
Munculnya web tools seperti: blog, vblog, tags, chat, wikis, RSS, dig, coComment, internet messenger (IM) telah “membebaskan” potensi umat manusia untuk berkomunikasi, berinteraksi, berbagi dan berkomunitas. Konsumenpun berubah menjadi “mutan” yang sama sekali berbeda dari sebelumnya.
Ketika konsumen berubah maka pendekatan pemasaran juga harus diputar haluan. Buku ini menawarkan pendekatan pemasaran yang sama sekali baru, yang oleh penulisnya disebut HORIZONTAL MARKETING untuk merespons perubahan diatas. Secara sederhana pemasaran baru ini dirumuskan dalam bentuk sebuah formula:

E = wMC2

Dimana; E: Energi marketing yang dahsyat sedahsyat bom nuklir; wM: Word of mouth atau rekomendasi pelanggan; dan C2 : Customer community baik offline maupun online.
Buku ini punya tesis utama bahwa, energi marketing sedahsyat bom nuklir akan anda dapatkan jika anda mampu menggabungkan dan menyintesakan kekuatan dua elemen penting pemasaran masa depan, yaitu word of mouth (sering juga disebut “evangelism” atau net promoter) dan komunitas pelanggan.

Tentang Penulis: selama kurun waktu 10 tahun terakhir Yuswohady sudah menulis lebih dari 40 buku, diantarannya Marketing in Venus., Positioning- Differentiation-Brand, 4G Marketing, dan On Becoming A Customer-Centric Company yang menjadi buku bestseller. Selama kurun waktu itu pula ia menjadi konsultan pemasaran di MarkPlus&Co. yang membantu klien dari beragam industri. Saat ini ia adalah Chief Marketing Institute of Marketing (MIM). Ia rutin menulis kolom-kolom marketing di blognya: www.yuswohady.com.

gabriel.gramedia@gmail.com

No comments:

Post a Comment