January 12, 2009

Manusia Menjadi Serigala Bagi Manusia Lain

Buku Pilihan

Judul : Manipulasi (Memahami Manipulasi dan Menghindari di Manipulasi)
Penulis : Benedict Hanggu

Resensi:
Erich Fromm seorang filsuf dan psikologis, secara pragmatis memberikan gambaran bagaimana manusia sekarang begitu sibuk dan kompetitif. Apa yang ditakutkan oleh orang modern adalah “tidak melakukan apa-apa, dan akhirnya tidak mendapatkan apa-apa” Prinsip hidup masyarakat dalam budaya modernitas adalah hiduplah untuk mendapatkan sebanyak mungkin hal selagi bisa.
Budaya kita yang kompetitif itu disadari atau tidak telah menghasilkan aura manipulatif yang hebat yang menghidupkan lagi insting pemangsa dalam masyarakat modern, homo homini (Manusia menjadi serigala bagi manusia lain).
Manipulasi adalah suatu pengaruh yang mengembangkan metode-metode eksploitatif, penuh tipuan, licik, berbahaya dan tidak adil. Manipulasi selalu sepihak, tidak seimbang dalam hal motivasi hubungan yang hanya menguntungkan atau mengedepankan salah satu pihak tanpa memperhatikan keinginan dan kebutuhan pihak lain yang menjadi mitrannya dalam berelasi.
Sebagai salah satu ciri utama sebuah hubungan manipulasi, apapun topeng yang ditampilkan selalu mengarah pada janji pencapaian dan atau ancaman kehilangan yang biasa dilakukan oleh manipulator.
Menjadi korban manipulasi ataupun menjadi manipulator harus kita hindari karena dampaknya nyata yaitu membuat daya kreatifitas, inovasi menjadi tumpul. Oleh karena itu kita harus keluar dari jerat tindakan manipulasi tersebut. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi anda memahami manipulasi dan sekaligus bagaimana anda menghindar darinya. Bacalah buku ini secara beruntun dari bab ke bab agar anda menemukan esensinnya.

gabriel.gramedia@gmail.com

No comments:

Post a Comment