February 13, 2009

SAM KOK, Kisah Tiga Kerajaan

Judul: SAM KOK, Kisah Tiga Kerajaan.
Pengarang: San Guo Yan Yi
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Resensi :
Kisah Tiga Kerajaan telah termasyur ke seluruh dunia. Mengisahkannya adalah juga mengisahkan Dinasti Han, dinasti kekaisaran Tiangkok yang berpengaruh paling kuat dalam sejarah Tiongkok, sampai-sampai hingga sekarang pun orang-orang Tionghoa menyebut dirinya bangsa Han.

Meskipun bukan dinasti yang pertama, pengaruh Dinasti Han paling kuat dalam sejarah China, karena dinasti sebelumnya, Dinasti Qin, kekaisaran pertama di China tidak mendapatkan simpati masyarakat.

Ying Zheng adalah kaisar Dinasti Qin pada saat itu. Kaisar yang bergelar Qin Shi Huang itu mengadakan perubahan besar-besaran dalam kebudayaan dan kehidupan rakyat Tiongkok. Ia menetapkan standarisasi lebar jalan, membuat sistem ukuran berat timbangan (menggunakan istilah Jin dan Gongjin), dan panjang (menggunakan istilah Li). Tak lama kemudian dalam dunia sastra dan bahasa, ia juga menciptakan persamaan dan penyederhanaan huruf yang disebut sebagai xiaozhuan.

Kaisar yang awalnya dicintai rakyat ini lama-kelamaan berubah menjadi sangat kejam. Dia mengadakan pembangunan besar-besaran. Istana-istana raksasa dan gedung-gedung pemerintahan serta benteng-benteng megah mnecerminkan ambisinya terhadap keagungan dan kekuasaan yang absolute. Salah satu peningalannya yang terkenal adalah tembok raksasa China yang tercatat sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia

gabriel.gramedia@gmail.com

No comments:

Post a Comment