March 28, 2009

5 CM

Best Seller Novel
Judul: 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo

Komentar:
“Impian , cinta dan kehidupan.” Sederhana, tapi luar biasa… ada dalam diri setiap manusia jika mau meyakininya.
- Batu Abdinegoro (Graphic Artist) -

Resensi :
Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari Hollywood sampai film yang nggak kelas – kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.
Suatu saat, mereka terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang telah membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.
Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan hanya seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.
“Ada yang pernah bilang kalau idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda…”

Tentang Penulis :
Donny Dhirgantoro lahir di Jakarta 27 Oktober 1978. sulung dari empat bersaudara ini menghabiskan seluruh waktunya dari kecil hingga besar di Jakarta. Menyelesaikan masa putih abu-abunya di SMU 6 Jakarta. Kegemaran menulis dan membaca sudah ada semenjak mulai bisa menulis dan membaca.
Kegemaran menulis pernah mengantarnya menjadi juara pertama lomba menulis dan membaca puisi yang diselenggarakan salah satu instansi pemerintah. Selepas SMU, ia melanjutkan studi di STIE Perbanas Jakarta dan ikut aktif dalam segala kegiatan kampus. Saat-saat terbaik sebagai mahasiswa adalah ketika bergabung dalam barisan menegakan Reformasi 1998.
Setelah lulus kuliah ia sempat berpindah-pindah tempat kerja untuk terus mencari bentuk pekerjaan yang tepat dan cocok, sebelum akhirnya tercatat sebagai seorang Instructor/Trainer di salah satu perusahaan Konsultan Sumber Daya Manusia di Jakarta

Komentar Lain:
"Biarkan keyakinanmu menggantung 5 cm di depan keningmu.
Setelah itu yang kamu perlukan cuma kaki yang melangkah lebih jauh dari biasanya,
tangan yang berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa.
Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama”

Buku yang diawali dengan keanehan tingkah pemeran utamanya, 5 orang yang menamakan dirinya kelompok “Power Ranger”. Semenjak SMA mereka bersama. Ditengah kejenuhan, setelah lebih dari 5 tahun ber-genk dan melakukan berbagai kegilaan, berfilosofi serta bertukar pikiran, mereka pun memutuskan untuk berpisah selama tiga bulan lamanya. Dengan berat mereka jalani.

Tiga bulan berlalu dengan penuh rasa kangen. Tiga bulan ini, masing-masing anggota Power Rangers menjalani kehidupannya tanpa berkomunikasi sama sekali satu sama lain !

Setelah tiga bulan, mereka merayakan pertemuan ini dengan sebuah perjalanan ke puncak gunung Mahameru. Untuk mengikuti upacara 17 Agustus di puncak Mahameru, sebuah upacara rutin para pecinta alam.

Ditengah perjalanan inilah klimaks-klimaks didapatkan. (Saya tidak mau cerita! Baca sendiri saja!)

Bagaimana keyakinan itu mengalahkan segala rintangan, mendobrak keraguan, menjadi cahaya kala gelap mencekam. Dari buku ini (sekali lagi) saya belajar kekuatan sebuah keyakinan. Kekuatan yang bersumber dari keyakinan yang mutlak, 100%, tanpa ragu, tanpa takut. Kekuatan itulah yang akan membuat kita (saya dan kamu) tetap bertahan di saat-saat terberat dalam hidup.

Maka gantungkanlah keyakinanmu, mimpimu, harapanmu, 5 cm di depan keningmu!
Lalu melangkahlah lebih jauh!
Berbuatlah lebih banyak!
Menataplah lebih lama! (kurangi tidur dan kegiatan yang kurang bermanfaat)
Kuatkan tekad!
Teguhkan hati!
Serta banyak-banyaklah berdoa!

Karena :
“Kamu bisa menjadi sesuatu, ataupun tidak menjadi sesuatu. Itu semua tergantung keyakinanmu” (duh, siapa ya?Lihat bukunya dulu deh..)

Reading to improve the quality of life