March 27, 2009

Dari Kepompong Menjadi Kupu-Kupu

Buku Pilihan

Judul: Dari Kepompong Menjadi Kupu-Kupu,
Refleksi menuju Sukses Diri & Organisasi
.
Penulis: Drs.HD.Iriyanto,MM
Penerbit: Pustaka Pelajar
Kata Pengantar: Prof.Dr.M.Suyanto,MM

Resensi:
Metamorfosis dari ulat-kepompong-kupu-kupu merupakan proses perubahan diri yang begitu fantastis. Ulat, dengan wujud, karakter dan kinerjanya yang menggambarkan kelambanan, kejelekan dan cenderung dianggap menjijikkan, dengan sebuah proses yang luar biasa tiba-tiba berubah menjadi mahluk yang sangat indah, dinamis, dan sangat membantu dalam proses reproduksi tanaman.

Dalam wujudnya yang baru, siapa yang tidak suka kupu-kupu? Kesan bahwa mahluk itu berasal dari binatang yang menjijikkan sirna sudah. Yang ada tinggal rasa kagum dan terpesona pada aneka warna sayap dan kulit tubuhnya. Dalam proses ini, kita bisa belajar bahwa kupu-kupu tidak sekedar melakukan adaptasi, melainkan sudah sampai pada tingkat transformasi. Sebuah perubahan jati diri yang total dan fundamental. Kita menyebutnya metamorphosa atau dalam konteks Islam sering disebut dengan hijrah.

Poses berubahnya ulat menjadi kupu-kupu inilah yang sebenarnya bisa kita jadikan filosofi dan inspirasi bagi proses perubahan diri dan organisasi kita. Kita bisa mengawalinya dengan mengubah pikiran kita. Mengapa? Karena perubahan pikiran merupakan awal dari perubahan nasib dan hidup kita.

Tentang Penulis:
Drs.HD.Iriyanto,MM, Motivator dan Inspirator Religio-Spiritual, Direktur GIM-HRD Training Centre Primagama Group, Yogyakarta.


Reading to improve the quality of life