March 3, 2009

Ramayana

Buku Pilihan/ Novel Klasik

Judul: Ramayana (Sebuah Roman Epik Pencerah jiwa Manusia)
Pengarang: C. Rajagopalachari (Penulis Mahabharata Edisi Asli)
Penerbit: IRCiSoD

Resensi :
Ramayana ini lebih dari sekedar buku biasa. Setelah membacannya, anda akan mendapatkan keberanian, kekuatan kehendak yang lebih besar, dan pikiran yang lebih bersih murni. Kisah Rama dan Dewi Sinta dalam epos Ramayana ini lebih dari sekedar cerita biasa. Sebagai kisah yang sarat nilai kehidupan, sejarah, kebudayaan, dan spiritualitas, melelui tokoh-tokoh besar itu hadirlah cerita yang luar biasa. Kisah tersebut merupakan rekaman pikiran dan semangat para pendahulu yang menginginkan kebaikan, lebih daripada sekedar kesenangan. Mereka bisa melihat lebih banyak hal dalam misteri kehidupan dibandingkan apa yang dapat kita lakukan dalam upaya pencarian kita yang tiada henti untuk mendapatkan capaian-capaian yang bersifat maya dan remeh-temeh di dunia material ini.

Roman epik Ramayana ini dimulai dengan kunjungan Batara Narada pada suatu pagi ke asrama Walmiki. Setelah memberikan salam, Walmiki bertanya, “Batara yang tahu segala, siapakah pahlawan dunia yang paling berbudi dan bijaksana?”

Demikianlah seterusnya, Ramayana mengalir sebahai mahakarya lintas zaman dan generasi. Kisah sang Maharaja dan Permasuri yang terlahir sebagai manusia, mengalami kedukaan manusia dan menegakkan dharma di dunia, didaraskan sang resi dengan keindahan sastra yang tidak tertandingi. Dan, apa yang diramalkan Brahma telah terbukti menjadi kenyataan. “selama gunung-gemunung tetap berdiri tegak dan sungai-sungai mengalir, Ramayana akan terus dikisahkan dan menghindarkan umat manusia dari dosa.”

Buku roman epik Ramayana (Edisi Asli) ini sangat patut anda miliki, melengkapi buku roman epik yang telah terbit sebelumnya, Mahabharata (Edisi Asli), karya Sri C. Rajagopalachari.


Reading to improve the quality of life