March 11, 2009

SEJARAH & KEBUDAYAAN MINAHASA

Buku Pilihan

Judul: SEJARAH & KEBUDAYAAN MINAHASA
Pengarang: Jessy Wenas
Penerbit: Institut Seni Budaya Sulawesi Utara

Komentar:
“Berangkat dari asumsi yang sudah umum diakui bahwa terlalu banyak yang sudah punah dari budaya warisan leluhur Minahasa, Jessy Wenas berusaha mengisi missing-link dalam sejarah MInahasa itu. Ini kerja yang sangat penting dan strategis bagi kemanusiaan kita, karena krida yang berkenaan dengan masa lampau ini harus kita resepsi sebagai kebutuhan kultural kita dalam kekinian.”
-Benni E. Matindas – Filsuf dan Budayaan asal Minahasa.

Resensi :
Seni dan budaya Minahasa banyak mengalami perubahan ketika Minahasa mengalami perubahanmodernisasi abad 18. penulis DR. hetty Palm mengemukakan analisanya, bahwa tidak ada daerah di Indonesia yang kebudayaan aslinya cepat menghilang seperti yang terjadi di Minahasa.

Oleh karena itu penulis menempatkan tulisan Seni Budaya Minahasa dalam rangka sejarah dari Jaman Purba hingga Masa Kini, agar tahap-tahap perubahan masyarakat Minahasa lebih mudah dapat diidentifikasi.

Pada mulanya buku ini merupakan bahagian dari buku sejarah Maesa atas prakarsa Ny, Poppy Suhandinata – Tumengkol, kemudian dikoreksi oleh Keluarga bersar J.A.W.I (Dolf) Rotinsulu – E.M.L (Dede) Wenas. Buku Sejarah & Kebudayaan Minahasa ini adalah wujud dari upaya untuk mendokumentasikan serta melestarikan kebudayaan warisan leluhur kita.

Tentang Penulis :
Jessy wenas, seniman serba bisa kelahiran Tomohon 14 April 1939 dengan nama lengkap Jehezkiel Robert wenas. Setamat dari sekolah lanjutan di Tomohon dan Bandung, menempuh studi kesenian di Departemen Seni rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), yang kemudian harus terhadang menyusul transisi politik di Tanah air pada dekade 1960-an karena aktivitasnya dalam organisasi mahasiswa yang dikenal Pro-Bung Karno.


Reading to improve the quality of life