August 19, 2009

ANCAMAN NEGERI JIRAN Dari “GANYANG MALAYSIA” Sampai Konflik Ambalat

Judul : ANCAMAN NEGERI JIRAN
Dari “GANYANG MALAYSIA” Sampai Konflik Ambalat

Pengarang : Syafaruddin Usman dan Isnawita Din
Penerbit : Media Pressindo

Sinopsis :

"Ganyang Malaysia” seru Soekarno pada 1963-1964

Pada kenyataannya,negeri Jiran yang masih satu rumpun dengan bangsa Indonesia itu selalu menjadi sumber kecurigaan dari pemerintahan Soekarno. Mereka dituding menjadi Negara boneka yang didirikan Kolonial Inggris.

Pada era pemerintahan Soeharto, hubungan Indonesia-Malaysia dipulihkan.Kedua Negara menjalin hubungan kerjasama dengan erat,bak saudara sekandung yang saling mendukung satu sama lain

Kini hubungan itu terancam putus. Dimulai dari hal-hal kecil,seprti klaim Malaysia sebagai pemilik roeg dan batik,hingga perdebatan masalah wilayah kedaulatan yang tak kunjung usai, membuat hubungan Indonesia-Malaysia memanas. Sipadan dan Lingitan telah berhasil mereka kuasai. Seolah belum cukup,kapal-kapal perang Malaysia menerobos dengan berani ke daerah konflik, Ambalat. Angkatan laut RI pun tak berdiam diri. Usulan agar mengangkat senjata berkumandang.

Ada apa di balik sikap berani Malaysia ?

Tentang Penulis :

“Din” adalah seorang penulis,jurnalis,komentator televise dan radio di Pontianak selama lebih dari 15 tahun. Kolom-kolomnya dimuat dalam banyak media massa cetak pontianak dan ibu kota. Bukunya yang telah terbit yaitu Peristiwa Mandor Berdarah : Eksekusi Massal 28 Juni 199 oleh Jepang.
Saat ini Din bekerja pada satu majalah nasional. Aktif dalam pelestarian dan pengkajian dokumen,arsip sejarah,dan budaya tempo dulu.


Reading to improve the quality of life