March 12, 2009

The LONE SAMURAI

Buku Pilihan/ Biografi
Judul: THE LONE SAMURAI, Kehidupan Miyamoto Musashi.
Pengarang: William Scott Wilson
Penerbit: PT. Gramesia Pustaka Utama

Resensi :
The Lone Samurai adalah biografi monumental Miyamoto Musashi, tokoh Jepang legendaries yang termashur di seluruh dunia sebagai master pedang, pencari kesempurnaan spiritual, dan penulis Kitab Lima Lingkaran. Gambaran memukau seorang pemberani bertekad baja muncul di halaman-halaman buku ini. Dengan pengamatan yang penuh bela rasa namun kritis, William Scott Wilson menyelami alam pikiran Musashi ketika sang samurai radikal bergulat dengan gagasan-gagasan filosofis dan spiritual yang tetap relevan sampai sekarang. The Lone Samurai bukan sekedar gambaran hidup sebuah periode menakjubkan dalam era feodal Jepang. Buku ini merupakan kisah pencarian satu orang akan jalan yang benar dalam hidup, dan ganjaran yang akhirnya ia peroleh.

Tentang Penulis :
William Scott Wilson lahir tahun 1944 dan tumbuh besar di Fort Lauderdale, Florida. Pada tahun 1966, ia diajak temannya mengikuti perjalanan kayak selama tiga bulan, menyusuri garis pantai Jepang dari Shimonoseki sampai Tokyo. Perjalanan pembuka wawasan itu, yang didokumentasikan dengan indah di majalah National Geographic, memacu kekaguman Bill pada budaya dan sejarah Jepang.
Ia menempuh studi bahasa dan sastra Jepang di Monterey Institute of Foreign Studies, yang diteruskan dengan penelitian mendalam tentang filosofi era Edo 1603-1868) di Aichi Prefectural University di Nagoya, Jepang.
Karya-karya terjemahan Bill yang sudah diterbitkan adalah Hagakure, The Book of Five Rings, The Life-Giving Sword, The Unfettered Mind, Novel Taiko karya Eiji Yoshikawa, dan Ideals of Samurai.
Segera kunjungi Gramedia Manado dan dapatkan buku-buku bermutu, salam...


Reading to improve the quality of life