June 13, 2009

Confessions

Judul: Confessions Sebuah Kehidupan Di Masa Cina komunis
Pengarang: Kang Zhengguo
Penerbit: Elex Media Komputindo

Sinopsis :
Sebuah memoir yang luar biasa tentang kehidupan di Cina zaman Mao. Kang berperan sebagai penunjuk jalan yang hebat untuk melintasi sebuah periode besar di dalam sejarah Cina. Dia hidup di masa Lompatan Besar ke Depan, Revolusi Budaya, masa setelah meninggalnya Mao, tumbuhnya demokrasi di tahun 1980-an, hingga pecahnya demonstrasi di Lapangan Tiananmen. Sebagai karya dokumenter kehidupan sehari-hari di Cina, Pengakuan memang layak dibaca. Namun Kang, seorang penulis berbakat (dan diimbangi kepiawaian Susan Wifl sebagai penerjemah), berhasil memindahkan perjuangan hidupnya ke dalam sebuah karya literatur yang bernilai tinggi.

Komentar :
“Sebuah laporan tertulis yang unik dan menyentuh tentang kehidupan di zaman Cina Komunis, sejak awalnya pada tahun 1949.”
__Jonathan Mirsky, New York Review of Books__

“Sebuah memoir yang tajam dan memikat.”
__Judith Saphiro, New York Times Book Review__

“Sebuah kisah luar biasa tentang perjalanan hidup seseorang melawan sebuah system yang menindasnya karena dianggap tidak mematuhi norma-norma.”
__Globe and Mail__

“Memoir Kang yang sangat pribadi ini sangat berharga karena menampilkan hubungan antar manusia di Cina Zaman Mao, beserta perjuangan sehari-harinya dalam sebuah sistem yang otoriter. Memoir yang ditulis dengan indah ini adalah sebuah sumber tak ternilai bagi setiap pembacanya untuk dapat memahami betapa peliknya perlakuan (pemerintah) Cina saat itu terhadap pendangan politik yang berbeda.”
__Stanley Rosen, New Leader__

“Catatan kehidupan sehari-hari di masa Cina Komunis yang terbaik, yang pernah saya baca.”
__Perry Link, Princeton Unioversity__

Tentang Penulis :
Kang Zhengguo adalah seorang pengajar senior di bidang bahasa Cina di Yale University. Susan Wilf mengajar di George School, di Pennsylvania, dan menerima Dana Penerjemahan PEN untuk buku ini.

Reading to improve the quality of life