August 19, 2009

Cat Rambut Orang Yahudi

Judul: Cat Rambut Orang Yahudi
Catatan Blog Chappy Hakim

Penulis : Chappy Hakim

Penerbit: Kompas

Sinopsis:
Chappy Hakim pernah dikenal sebagai orang nomor satu di angkatan udara negeri ini. Sekarang, Ia lebih dikenal sebagai blogger kompasiana. Ia punya predikat “The Real Blogger”, meski belum lama menerjuni ranah maya ini. Dari hasil ngeblog-nya di kompasiana, blog yang dibangun Kompas.com, lahirlah buku Cat Rambut Orang yahudi ini.

Chappy bercerita tentang orang Yahudi yang pintar-pintar itu, ada cerita tentang keputusan finalnya untuk berhenti mengecat rambut putihnya agar menjadi hitam hanya untuk alasan sepele; takut cucunya tidak bisa membedakan mana bapak dan mana kakek. Ada pengetahuan mengenai budaya asal bapak senang di dunia militer yang baru terungkap sekarang. Ada renungan setiap hari jumat,meski dia bukanlah seorang pendakwah.

Lewat Cat Rambut Orag Yahudi, Chappy tengah menguji asumsi Thomas L Friedman dalam bukunya The World Is Flat, bahwa dunia itu datar. Bagi Friedman, semua orang punya kesempatan yang sama mencapai satu titik, baik menggunakan pesawat supersonic ataupun lewat kemampuan memanfaatkan internet. Itulah yang dijajaki chappy lewat postingannya yang mengalir. Tidak ada batasan preferensi atau hobi,asalkan sesuai kata hati, minat dan selera, jadilah sebuah tulisan. Tidak harus terikat “jaim” alias jaga image, yang penting lewat tulisan itu dia bisa berbagi (Share).

Komentar :
”MEMBACA kumpulan MArsekal Chappy Hakim dalam buku ini, teringatlah saya rubric Kompasiana dalam HU Kompas yang terbit tahun 60an-70an, diasuh oleh PK Ojong. Narasinya menarik, sangat human, dituturkan secara lugas, bersemangat keberpihakan kepada rakyat, mengangkat persoalan-persoalan actual yang kadang-kadang sebagai peristiwa biasa menjadi kaptoks mengingatkan jatidiri kemanusiaan. Semua peristiwa ditempatkan dalam konteks jatidiri manusia yang menus-kerdil sekaligus adiluhur-mulia…”
Jakob Oetama


Tentang Penulis :
Chappy Hakim, lahir di Yogyakarta, 17 Desember 1947. menyelesaikan pendidikan SR, SMP, dan SMA di Jakarta, lulusan Akabri Udara 1971, Sekolah Penerbangan, Sekkau, Sekolah Instruktur Penerbangan , Seskoau, Seskogab, dan Lemhamnnas. Mantas KSAU 2002-2005, Ketua Timnas EKKT 2007, memiliki 8.000 jam terbang dengan berbagai tipe pesawat, menulis aktif di media, karya buku Pelangi Dirgantara, Untuk Indonesiaku, Air Diplomacy, dan Dari Segara Ke Angkasa. Beristrikan Dra. Pusparani Hasjim P Psi. Dikaruniai dua anak, Tascha Liudmila MSc. Dan Fatsi Anzani SE. MSi. MHRM., serta seorang cucu Cleantha Haziqa Andries.


Reading to improve the quality of life