November 10, 2009

TERORISME, FUNDAMENTALIS KRISTEN, YAHUDI, ISLAM

JUDUL: TERORISME
FUNDAMENTALIS KRISTEN, YAHUDI, ISLAM
PENULIS : A.M. HENDROPRIYONO
PENERBIT: KOMPAS

SINOPSIS:
Memakai teori fisafat Ludwig Wittgen Stein, A.M. Hendropriyono berusaha menemukan akar-akar terorisme, yang antara lain terwujud dalam pola permainan bahasa teror yang khas. Dalam buku ini,penulis yang mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan,hanya lewat kajian filsafatlah kita dapat menyusun metode, strategi, dan taktik yang tepat dalam usaha menumpas terorisme. Kajian sejarah yang dilakukan menunjukkan, terorisme tak Cuma dikenal di dunia Islam. Gerakan terorisme global juga ada diantara kaum fundamentalis agama-agama Samawi lain, termasuk Yahudi dan Kristen, sebelum menjadi perdana menteri Israel Menachem Begin dan Yitzhak Shamir pernah jadi pemimpin kelompok teroris Yahudi. Meski berbeda keyakinan, presiden Amerika George Walker Bush maupun pimpinan jaringan Al Qaeda Osama bin Laden sesungguhnya sama-sama teroris. Keduanya sama-sama fundamentalis yang gemar melancarkan aksi kekerasan dan tak peduli pada darah warga sipil yang menjadi korban.


KOMENTAR :

“ Karya tulis hendropriyono ini bernilai sangat strategis tidak saja secara teoritis,tapi juga secara praktis dalam upaya menanamkan Indonesia dari ancaman terorisme “
----Prof. Dr. Ahmad syafii Maarif,Guru Besar filsafat dan Ilmu sejarah IAIN yogyakarta

“ Terorisme tidak pernah punya akar dalam agama. Pengaitan terorisme dengan agama merupakan ,bentuk penyalahgunaan agama itu sendiri. Buku ini memiliki kekuatan karena memadukan analisa akademik dan pengalaman empirik penulisnya.”
---Prof.Dr.M.Din Syamsudin, ketua umum PP Muhammadiyah

Reading to improve the quality of life